Apapun Jenisnya Sayang lah kalo dipake Harian
Buat pencinta modif apalagi Look – Elite  Modif motor yang udah jadi mending jangan dipakai buat harian.  Disamping sayang takut rusak, umumnya motor bakal nggak nyaman buat  dipakai. Soalnya secara psikologis harga motor dan  biaya modifikasi  akan menggangun pikiran pengendaranya. Bukan berarti nggak boleh  dipakai, tapi enaknya kalo motor udah cantik gini mending dipakainya 1-2  hari seminggu pada akhir pekan aja, biar “sensasinya pun dapet”

Jangan mikirin ergonomis dan Fleksibilitas, Hajar bleeeh!Jika sudah komitmen memodifikasi sampai full, mending jangan setengah  setengah. Disamping biaya yang dikeluarin udah gede, mending modifikasi  total aja sekalian. Meskipun mengorbankan ergonomis dan fleksibiltas  tetapi biaya yang dikeluarkan sepadan dan motor menjadi Showbike yang  sempurna. Nagh! Kalo ditanya gimana buat harian? Biasanya sih kalo orang  yang berani modif all out mereka punya kendaraan oprasional. sedangkan  Motor yang di modif total adalah sebuah kanvas buat kepuasan batin sang  empunya!
                       
Aprilia Rs 125 – Max Biaggi 2009 … Kepalang Basah Mandi Sekalian …
          
Gara gara Ndlosor … Yo Weiss di cat sekalian !Berawal dari Ndlosornya bro Ubay di  Cianjur saat touring bareng tim NSR, motor jadi besot besot nggak  karuan. Maklum body hitam mulus RS-125 2010 ini tergerus aspal, mau  nggak mau pemandangan indah ini terganggu kalo nggak motor segera di  perbaiki.

Rizoma + Livery 2009 Max Biaggi … 
Sekalian di repaint ngapain motor di cat  standar lagi. Pake kombinasi Stiker dan repaint, motor dirubah  liverynya dari hitam polos menjadi warna merah-hitam khas max biaggi di  musim balap 2009 lalu. Kenapa nggak pake livery Tricolore italia 2010 –  Alitalia ? Nggak ah, ribet kudu ganti warna di stnk, ujar pemilik CBR  1000 Repsol ini dengan logat betawi kental 
                          
Modifikasi Yamaha Byson jadi Yamaha Fazer 160
          
Inilah Yamaha Byson atau FZ-160 yang kita kenal saat iniCoba anda imajinasikan, jika seorang supermodel yang memiliki tinggi  bandan semampai dan kulit mulus cerah berada dikamar anda kemudian dia  membuka baju … eh 

  salah 

   maksud mbah, perhatikan yamaha Byson ini baik baik. Lihat desain  tangki, seat cowlnya yah … imajinasikan jika hottest bike 2010 ini  menggunakan hal fairing seperti di bawah ini …
Fazer 160 – Bedanya dia cuma pakai Half fairing!Lihatlahm Fazer 160 ini, keren bukan ?  Yup! Cuma bermodalkan beberapa kit maka tampilan Yamaha Byson anda bakal  berubah total! Tetapi pastinya dengan penggunaan kit OEM masalah  durabilitas yang kerap menjadi penyakit kambuhan motor modif bakal  teratasi! Karena mofikasi ini termasuk modifikasi konversi, artinya  hanya menukar parts dari satu varuan ke varian lainya yang sejenis !  Bahkan kang taufik telah membuktikan ide ini dengan merubah V-Ixion  menjadi R-15 

  Berikut list item yang anda butuhkan untuk melakukan konversi !
- Head lamp Fazer 160
 - Windshild Fazer 160
 - Bracket Fairing
 - Lampu Sein OEM
 - Kaca spion
 - Radiator Cover Fazer 160
 
      Komparasi Awal : First Blood CBR250RR & Achilles Heels Kawasaki Ninja 250R …
           Untuk pasar 250cc Ninja 250R nyaris sempurna … tapi Ninja 250R selama ini dibelahan dunia  manapun kecuali Afghanistan dan antartika si Ninin nggak ada lawanye.  Body sport, riding position ala sport touring alias nggak bakal pegel 

   tapi namanya buatan manusia nggak mungkin tanpa cacat, nah masalahnya  kelemahan Ninja 250R nggak bakal bisa diperbaiki mekanik manapun,  kecuali divisi marketingnya!
Krisis Identitas Ninja 250RMaksud? Coba liat gaya custom Ninja 250R  – mesti sangat menarik dan apik tapi kebanyakan mereka mengadopsi  livery brand lain, terutama dari segi livery. Mulai dari Monster Energy  Drink (tech 3 yamaha), Sterilgarda (yamaha wsbk), Pramac (tadinya  D’antin) dan yang paling sering Marlboro Corse (Ducati Factory). Kenapa  ini terjadi dan apa artinya? Hal ini terjadi karena Kwak tidak terjun  all out dikompetisi kelas dunia manapun. Di MotoGP sudah ko’it, di WSBK  cuma dimodalin seadanya, sampe sampe Vermeullen aja jadi pembalap papan  bawah. Mau ngejagoin Tom Sykes? Nggak ada yang kenal tuh! Akibatnya  pencinta Ninja mesti ngejagoin pembalap dari tim lain … not good enough  buat marketing !
Bisa dimanpaatkan oleh kompetitor  dan Frist Blood untuk CBR 250RR Lain cerita dengan Honda CBR 250RR.  Mereka nggak kesulitan mencari publik figur atau tokoh idola. Siapa yang  nggak kenal sama Stoner, Daped, Dovi ? itu baru kelas top of the top  MotoGP. Jagoan alternatif ? Ada Aoyama, Super Sic atau malah De Puniet!  Di WSBK dan WSS pasukan ten Kate bejibun! Moto2 ya Honda kabeh! Buat  modifikator dan bakal mania CBR 250RR platform livery modifikasi tim  berbasis Honda pun bejibun, jadi nggak perlu repot buat “mengadopsi”  livery pabrikan laen! Kalo kayak gini belum belum udah 1 kosong buat CBR  250RR !!!
                        
RIZOMA – Aksesoris Yang Makin di Gemari !!!
          
Aksesoris Legal Digunakan di Uni Eropa dan Amerika
Di negara maju seperti negara Uni Eropa,  mendandani motor nggak bisa seenak jidat. Karena dengan merubah motor  baik sekedar kosmetik ringan apalagi berat tetap harus sesuai standar,  dan nggak sembarangan aksesoris diizinkan dipakai di motor. Nah Rizoma  salah satunya, produk italy yang sangat populer diprancis ini merupakan  satu dari beberapa produk aksesoris premium khusus motor yang telah  mendapat sertifikat legal dikawasan uni eropa!
Tidak cuma buat Moge, Terutama buat Yamaha Byson dan NMP … Naked Bike lebih Oke ! 
Meski saat ini lebih populer di motor  besar, tetapi kini sudah mulai bergeser ke segmen Ninja 250R. Tetapi  sebenarnya Rizoma lebih cocok dipakai di motor bertipe Naked Bikes  seperti Yamaha Byson dan Honda New Megapro. Soalnya buat motor fairing  justru kurang menonjol akibat tertutup fairing, kecuali Ninja 250R yang  justru kurang sip tanpa akeseoris Rizoma!
Nggak cuma Tampilan, Kenyamanan Juga !
Ini yang membedakan Rizoma dengan  aksesoris lainya. Nggak cuma mendongkrak penampilan, tetapi juga  menambah kenyamanan. Salah duanya adalah grip dan rearset. Buat yang  males pake sarung tangan atau yang menginginkan grip yang kesat Rizoma  menyediakan 2 tipe sedangkan buat foot step, nggak licin saat kena air  atau kotoran di air. Gimana? Mau dandanin NMP dan Byson dengan Rizoma?
                         
Modifikasi : ST4S Bling Bling
          Sentuhan Warna Kuning Mutiara dan Black Flat
Apa jadinya jika seorang pemain  modifikator Harley Davidson pindah aliran menjadi modifkator Ducati ?  Yang diterapkan pertama kali adalah sentuhan “bling bling” ala Chopper  kepada motor Sport-Touring. Langkah pertama yang dilakukan adalah  mengganti cat dasar yang berwana Kuning solid menjadi Kuning mutiara.  Warna velg dan Subfram yang semula berwarna abu-abu kini berubah menjadi  Hitam doff. Cukup? Belum! Lampu depan diganti model custom menjadi 2  bagian dan kampu sein di smooke menjadi hitam !
Tingkatkan Kenyamanan dengan part Rizoma !
Kebetulan empunya motor adalah  distributor resmi Rizoma. Nah, nggak salah dong kalau part after market  hi-end ini diaplikasikan kepada motor kesayanganya ini ? Boleh dibilang  seluruh bagian kokpit pertama tama dilabur warna hitam solid. Setelah  selesai, mulai dari Handle grip, fuel & clutch reservoir diganti  merk Rizoma. Selanjutnya handle kopling standar di lepas dan diganti  merk … rizoma juga  !
Atention to Detail dan Oprasional 
Kebanyakan motor modifikasi / lebih  ditujukan untuk display. Sehingga part dan bagian hasil modifikasi  menjadi ringkih dan rentan rusak. Tetapi modifikasi motor yang memakan  biaya lebih dari 50 juta rupiah ini tidak demikian. Seluruh part yang  telah dimodifikasi dan aksesoris yang dipasang harus benar benar kuat  dan solid, layaknya part orisinil. Semuanya di lakukan semata mata demi  faktor keselamatan. Si empunya pun bilang, kalau motor hasil modifikasi  tidak bisa oprasional, boleh dibilang modifikator tersebut telah gagal.  Terbukti, motor tetap oke kendati telah dipakai touring Jakarta –  Yogyakarta – Jakarta . Mantap !
                         
Modifikasi Hypermotard 1100S ala Waketu Ducati
           
Motor Untuk Platform Modifikasi
Berpenampilan ganjil dan unik, tetapi  Hypermotard cocok sekali dijadikan platform Modifikasi. Karena bentuknya  yang ganjil dan ukuranya yang panjang dan tinggi, memudahkan  modifikator mengaplikasikan berbagai piranti modifikasi di motor ini 
 
Clutch System , Rear Set, Belt Cover dan Reservoir Full Rhizoma
- Aplikasi Rizoma bisa di pasang pada Cover Kopling kering Hypermotard  1100S. Pemasangan Cover kopling transparan sebaiknya di sandingkan  dengan presure plate berbentuk bintang dengan dengan warna mencolok.  Pastinya perpaduan keduanya harus dengan warna kontras agara terlihat  jelas
 
- Rear Set alias pijakan kaki diaplikasikan terpisah dengan rem  belakang dan breake fluid resevoir. kombinasi 3 warna, Allumunium pada  foot peg sesuai pada sub frame, warna emas pada pedal rem sesuai dengan  blok transmisi dan warna candy red pada fluid reservoir kontras terlihat  jelas. Warna kuning per monoshock olhin menambah semarak penampilan
 
- Pemasangan engine Guard pada Hypermotard wajib hukumnya. Karena  selain berfungsi memberi perlindungan pada mesin, engine guard juga  berfungsi menjadi foot peg tambahan, khususnya untuk menjadi pijakan  dikala motor digunakan untuk touring jarak jauh!
 
- Hypermotard 1100S sudah dilengkalpi cover belt terbuat dari carbon.  Namun untuk varian 1100 dan 796  mereka belum menggunakanya. Belt cover  Rizoma carbon memang tidak signifikan mengurangi bobot tapi pasti  menambah sporty penampilan motor !
 
- Sama seperti fluid reservoir rem belakang, untuk rem depan dan  kopling juga harus sama. Rizoma hadir dengan dudukan standar  Hypermotard, sehingga memudahkan dalam pemasangannya.
 
- Kendati berbentuk seperti motor Trail torsi 96nm dan tenaga 92 hp  mampu membawa hypermotard berakselerasi layaknya Superbike, dengan top  speed 235 km/jam pemasangan steering damper wajib hukumnya.
 
Engine Guard yang berbentuk seperti sosis memiliki fungsi ganda 
  Knalpot Termignoni Full System dan Seat Cowl Carbon
- Knalpot Termignoni Full System hadir dengan format 2-1-1. Terbuat  dari Carbon Fiber Titanium enforced mampu menaikan tenaga Hypermotard  menjadi 105 hp. Yang pasti jangan lupa memasang ECU yang hadir bersama  knalpot full system tersebut.
 
- Seat Cowl standar Hyper motard Wajib  diganti dengan Carbon. Pasalnya knaplot standar Hypermotard yang  undertail akan terlihat “kopong” seat cowl carbon bisa dipasang milik  Rizoma atau Performance. Untuk keperluan Touring alangkah baiknya  dudukan Box di aplikasikan disini
 
Not For Daily but for Showbike
Modifikasi Hypermotard dengan  menggunakan perangkat “Full” Rizoma dan pengaplikasian part yang terbuat  dari Carbon Fiber dan Titanium ini setidaknya memakan biaya lebih dari  100 juta, tetapi memang amat nyaman untuk digunakan sebagai kendaraan  touring atau show bike tetapi kok nggak tega ya rasanya dipakai untuk  harian ?
                     
Modifikasi Ringan Hayabusa ’05 ala bro Dennis
          Modifikasi Ringan – Rapi dan Oprasional
Suzuki Hayabusa 04 milik bro Dennis ini  digunakan sebagai alat transportasi oprasional alias harian. Jadi meski  mendapat sentuhan modifikasi semuanya haruslah effektif baik dari segi  estetika maupun oprasional.
Putih – Silver – Chrome
Livery standar  hayabusa berikut cat  dasar diganti berwarna putih mutiara, nuansa chrome didapat bukan dari  meng”chrome ” parts tetapi justru menggunakan teknik Hard Polish! Livery  Hayabusa didapat di pasaran lokal untuk kemudian dilapis pernis tipis!
Bukan Rizoma tapi Revert dam Knalpot Two Brothers
Kaca spion adjustable berwarna chrome  dipasang bersama hand grip set “Rivert” berwarna silver dengan karet  abu-abu agar selaras warna. Knlapot standar diganti oleh merk  Twobrothers bukan Yoshimura dan dilapis stiker khusus agar selaras  dengan warna motor. Simply modifikasi hemat biaya dan oprasional untuk  harian 
 
sumber,http://indobikermags.com/category/modifikasi/ 
 
 
 
0 comments:
Post a Comment